Panbil Nature Reserve

Panbil Nature Reserve Batam

Posted on

FUNTOURA.COM – Panbil Nature Reserve Batam. Berlibur ke Batam sering kali dikaitkan dengan kegiatan belanja dan menikmati pantai-pantai berpasir putih yang indah. Namun, apakah Anda mengetahui bahwa ada tempat wisata alam yang menarik dan mendidik di sini? Tempat itu adalah Panbil Nature Reserve.

Panbil Nature Reserve Pak Sandiaga Uno. Foto : Kemenparekraf
Panbil Nature Reserve Pak Sandiaga Uno. Foto : Kemenparekraf

Dengan luas mencapai 260 hektar, Panbil Nature Reserve menawarkan petualangan di tengah keindahan alam Kepulauan Riau. Di sini, Anda dan keluarga dapat menikmati berbagai aktivitas seru, belajar tentang flora dan fauna endemik, serta bersantai di lingkungan yang hijau dan menyegarkan.

Mari kita eksplorasi lebih dalam mengenai Panbil Nature Reserve dan temukan alasan mengapa tempat ini harus ada dalam daftar destinasi liburan Anda berikutnya!

Zona dan Aktivitas Favorit di Panbil Nature Reserve

Panbil Nature Reserve dirancang untuk dinikmati oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Berikut beberapa zona dan aktivitas menarik yang bisa Anda coba di sana:

Edu Park Panbil Nature Reserve

Melihat Proses Pemberian Pakan Fauna. Foto : Kemenparekraf.
Melihat Proses Pemberian Pakan Fauna. Foto : Kemenparekraf.

Bagi yang membawa anak-anak, jangan lewatkan zona Edu Park di Panbil Nature Reserve. Di sini, si kecil bisa belajar sambil bermain dengan berinteraksi langsung dengan berbagai satwa. Ada rusa tutul yang jinak, kelinci yang menggemaskan, burung-burung cantik, dan ikan koi yang berwarna-warni.

Selain itu, tersedia juga taman bermain anak yang dilengkapi dengan berbagai permainan seru dan edukatif. Ini merupakan kesempatan yang baik bagi anak-anak untuk belajar tentang alam sambil bersenang-senang di Panbil Nature Reserve.

Eco Park

ATV Seru di Panbil Nature Reserve. Foto : Instagram @panbilnaturereserve
ATV Seru di Panbil Nature Reserve. Foto : Instagram @panbilnaturereserve

Di zona Eco Park Panbil Nature Reserve, Anda akan menemukan berbagai aktivitas yang mengasyikkan dan menguji adrenalin. Berikut adalah beberapa pilihan menarik yang bisa Anda nikmati:

Forest ATV menawarkan pengalaman menjelajahi hutan dengan kendaraan roda empat. Anda dapat menguji keterampilan mengemudi Anda sambil menikmati keindahan alam yang menantang.

Jungle Warrior cocok bagi mereka yang mencari tantangan fisik. Di sini, Anda akan melewati berbagai rintangan yang menantang, menguji kekuatan dan kelincahan Anda dalam setting alam yang menakjubkan.

Untuk pengalaman malam yang berbeda, coba Camping at the Forest. Nikmati suasana yang tenang dan alami di tengah hutan saat malam tiba, sambil berbagi cerita bersama keluarga atau teman-teman.

Tidak hanya itu, zona Eco Park juga menawarkan aktivitas lain seperti Fun ATV/Trail, Fun Games, dan Shuttle to Sambar. Melalui Shuttle to Sambar, Anda bisa berinteraksi dekat dengan rusa sambar yang hidup di habitat alami mereka.

Zona Eco Park di Panbil Nature Reserve adalah tempat yang tepat untuk pengalaman petualangan dan kegiatan seru di alam.

Hiking Menyusuri Area Wisata

Bagi para pecinta aktivitas outdoor, Panbil Nature Reserve menyediakan beberapa jalur hiking yang menarik. Anda dapat memilih antara Rotan Hiking, Semar Hiking, Pandan Hiking, atau Palawan Hiking.

Setiap jalur menawarkan pemandangan alam yang eksotis dan tentunya akan menguji stamina Anda. Saat Anda mendaki, nikmati udara segar dan keindahan flora serta fauna yang ada di sekitar Anda.

Dining at Kayu Merah

Setelah menjelajahi petualangan di Panbil Nature Reserve, Anda dapat bersantai dan menikmati hidangan lezat di restoran Kayu Merah. Restoran ini menyajikan berbagai menu masakan Indonesia dan Western dengan cita rasa yang menggugah selera.

Lebih istimewa lagi, Anda dapat menikmati pemandangan hutan yang asri dan menyegarkan sambil menikmati hidangan di Kayu Merah. Pengalaman bersantap di sini akan menjadi momen yang tak terlupakan bagi Anda.

Pesona Flora dan Fauna Endemik

Panbil Nature Reserve tidak hanya menawarkan pengalaman wisata yang menarik, tetapi juga menjadi habitat bagi berbagai flora dan fauna endemik Riau. Di sini, Anda bisa menemukan pohon Pelawan yang terkenal dengan tinggi menjulang dan diameter besar.

Selain itu, kawasan ini juga menjadi habitat bagi berbagai jenis burung, serangga, mamalia, dan reptil. Para petugas di Panbil Nature Reserve dengan senang hati akan memberikan informasi dan edukasi mengenai flora dan fauna yang ada, memperkaya pengalaman wisata alam Anda.

Tiket Masuk Panbil Natural Reserve

Berikut adalah harga tiket masuk untuk berbagai aktivitas di Panbil Nature Reserve:

Jenis AktivitasHarga (WNA)Harga (WNI)
Edu Park
Multipass Ticket165.000/pax165.000/pax
Kids Playground55.000/pax55.000/pax
Eco Park
Shuttle to Sambar110.000/pax55.000/pax
Camping at the Forest270.000/pax270.000/pax
Fun ATV/Trail200.000/pax200.000/pax
Fun Games365.000/pax365.000/pax
Jungle Warrior445.000/pax445.000/pax
Hiking Activity
Rotan Hiking230.000/pax175.000/pax
Semar Hiking280.000/pax230.000/pax
Pandan Hiking335.000/pax255.000/pax
Palawan Hiking390.000/pax280.000/pax
Hiking Activity + Dining at Kayu Merah
Rotan Hiking460.000/pax400.000/pax
Semar Hiking510.000/pax455.000/pax
Pandan Hiking560.000/pax480.000/pax
Palawan Hiking620.000/pax510.000/pax
Forest ATV
15 Menit460.000/pax330.000/pax
30 Menit755.000/pax550.000/pax
90 Menit1.350.000/pax1.100.000/pax

Harap dicatat bahwa harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi terbaru, kunjungi situs web resmi Panbil Nature Reserve atau pantau media sosial mereka.

Panbil Nature Reserve buka setiap hari dari pukul 10.00 WIB hingga 18.00 WIB. Disarankan untuk datang lebih awal untuk menghindari keramaian.

Tips Berkunjung Ke Panbil Nature Reserve

Sebelum memulai petualangan Anda ke Panbil Nature Reserve, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan:

  • Pakaian dan Sepatu: Pilihlah pakaian yang nyaman, dapat menyerap keringat, dan cepat kering. Gunakan sepatu trekking atau sepatu dengan grip yang baik untuk mencegah tergelincir.
  • Pelindung Diri: Kenakan topi, kacamata hitam, dan tabir surya untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari. Pastikan juga untuk membawa obat anti nyamuk agar terhindar dari gigitan serangga.
  • Perlengkapan Lain: Selalu bawa air minum yang cukup, kamera untuk mengabadikan momen liburan, dan sedikit uang tunai untuk kebutuhan tambahan seperti makanan atau minuman.
  • Menjaga Kebersihan: Penting untuk selalu membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan area wisata agar dapat dinikmati oleh semua pengunjung.

Dengan mempersiapkan hal-hal ini dengan baik, Anda siap untuk menikmati pengalaman yang tak terlupakan di Panbil Nature Reserve.

Rute Panbil Nature Reserve

Panbil Nature Reserve terletak di Jalan Kantong Semar, Panbil, Batam. Lokasinya sangat mudah dijangkau, baik dari Bandara Internasional Hang Nadim maupun dari pusat Kota Batam.

Penutup

Panbil Nature Reserve mengundang Anda untuk merasakan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Di sini, Anda akan menemukan berbagai aktivitas mengasyikkan dan keindahan alam yang memukau, serta keberagaman flora dan fauna yang khas.

Bagi mereka yang menyukai petualangan, terdapat banyak pilihan aktivitas menarik mulai dari hiking di jalur-jalur seperti Rotan, Semar, Pandan, dan Palawan yang menghadirkan pemandangan alam yang eksotis. Atau, Anda dapat mencoba perjalanan seru dengan ATV di hutan, menantang keberanian Anda dengan Jungle Warrior, atau menikmati keindahan air terjun tersembunyi.

Untuk penggemar alam, Anda bisa mengeksplorasi zona Edu Park yang memperkenalkan anak-anak pada satwa liar seperti rusa tutul, kelinci, burung-burung cantik, dan ikan koi yang berwarna-warni. Di samping itu, Eco Park menawarkan kesempatan untuk berinteraksi dengan rusa sambar yang ramah, serta camping di tengah hutan yang menyajikan malam yang tenang dan berbintang.

Panbil Nature Reserve tidak hanya menawarkan petualangan dan keindahan alam, tetapi juga menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati hidangan lezat di restoran Kayu Merah. Dengan lokasi yang mudah dijangkau dari Bandara Internasional Hang Nadim maupun pusat Kota Batam, Panbil Nature Reserve adalah destinasi wisata yang sempurna untuk menghabiskan liburan bersama keluarga atau teman-teman. Jadi, jangan ragu untuk merencanakan kunjungan Anda dan buatlah kenangan indah yang akan dikenang selamanya di sini!

Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *