Angklung Udjo
Foto : Gmaps

Saung Angklung Udjo

Posted on

FUNTOURA.COM – Saung Angklung Udjo adalah tempat yang baik untuk melihat dan belajar tentang budaya Sunda karena memiliki arena pertunjukan, bengkel alat musik bambu, dan pusat kerajinan bambu. Saung Udjo pertama kali muncul di pasar pada tahun 1966.

Di Saung Angklung di Bandung, Anda tidak hanya melihat pertunjukan seni; Anda juga dapat menemukan berbagai alat musik bambu tradisional, seperti Angklung, Calung, dan Arumba, yang dapat dibeli oleh pengunjung.

Wisata ini harus dikunjungi bagi mereka yang ingin melestarikan budaya lokal, terutama sunda, dan juga bagi mereka yang ingin melihat seni dari luar negeri.

  1. Desain interior yang terbuat dari bambu
Saung Angklung udjo
Foto : Gmaps

Saung Angklung unik karena menggunakan bambu lebih banyak di dalamnya. Pemandangan ini tidak hanya berbeda, tetapi juga memiliki nilai eksotik.

Dengan alunan suara angklung, nuansa tradisional akan semakin terdengar, membuat setiap pengunjung merasa lebih tenang dan nyaman.

  1. Acara Wayang Golek

Wayang Golek adalah tradisi Sunda yang diperankan oleh wayang kayu yang dilengkapi dengan pakaian. Sebagian besar, pertunjukan wayang golek digunakan sebagai upacara pembukaan pada hari tertentu.

Pertunjukan wayang golek membawa pesan moral kepada penonton selain hiburan. Pertunjukan biasanya berlangsung sekitar 20 menit, sebelum dilanjutkan dengan acara berikutnya.

  1. Acara tari topeng

Di Saung Angklung Udjo, pertunjukan tari topeng adalah acara rutin setiap hari. Tari Topeng mengacu pada seorang penyiar Majapahit yang ditugaskan untuk menyelidiki masalah di kerajaan Blambangan. Penari bertopeng itu menyampaikan pesan seolah-olah dia mengenakan topeng.

  1. Peristiwa Helaran

Helaran adalah atraksi tradisional Sunda yang menghibur pengunjung saat khitanan dan panen padi. Pertunjukan ini mengandung pesan untuk menunjukkan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan.

Musik yang mengiringi Helaran adalah penuh semangat dan kegembiraan. Anak-anak biasanya membawakan tarian gembira dengan lagu-lagu lokal.

  1. Acara Orkestra Angklung

Lagu-lagu daerah seperti Twinkle Little Star, Balonku, dan beberapa lainnya dibawakan oleh alat musik tradisional seperti Angklung saat pertunjukan orkestra Angklung dimainkan bersama dengan tarian Jawa.

Tempat wisata budaya dan edukasi ini terletak di Desa Pasir Layung, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung Barat, Jawa Barat. Lokasinya berada di Jalan Padasuka nomor 118. Lokasi Saung Angklung Udjo dapat dicapai dengan cepat.

Jika Anda bepergian dari Kota Jakarta, pilih rute Cipularang, lalu lewati Jembatan Pasopati dan ikuti petunjuk yang ada di papan untuk menuju Cicaheum. Sebelum Anda sampai sekitar 100 meter ke terminal Cicaheum, Anda akan menemukan papan yang menunjukkan jalan menuju lokasi.

Jika Anda ingin menggunakan transportasi umum, pilih rute Cicaheum-Ciroyom nomor 06 dari Surapati. Mereka akan menghentikan Anda di pertigaan Padasuka, dan kemudian Anda bisa berjalan kaki ke lokasi, yang hanya sekitar 500 meter.

Biaya untuk masuk ke tempat seni

Harga tetap untuk masuk ke Saung Angklung Udjo relatif murah dan sesuai dengan tujuan pengunjung. Pengunjung dewasa dari Indonesia (WNI) dikenakan tarif Rp 60.000 per orang, sedangkan pengunjung asing dewasa dikenakan tarif Rp 100.000 per orang.

Harga untuk pengunjung warga negara Indonesia adalah Rp40.000, sedangkan turis pelajar asing adalah Rp60.000, dan anak-anak di bawah usia tiga tahun gratis.

Apa yang menarik di Saung Angklung Udjo

  1. Menikmati Kuliner Sunda

Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan saat mengunjungi Saung Angklung Udjo. Anda juga tidak perlu repot membawa bekal makanan yang berat. Wisata ini memiliki restoran yang menyajikan makanan sunda khas.

Dapoer Angklung adalah salah satu tempat makan yang tersedia untuk Anda. Anda dapat memilih antara nasi timbel, nasi liwet, nasi bakar, ikan gurame bakar, cah kangkung, dan banyak lagi. Tidak terlepas dari lalapan khas Sunda, tentu saja.

Anda juga dapat memesan makanan seperti batagor dan siomay bandung. Harga yang dipatok tidak terlalu mahal dan standar.

  1. Menikmati acara angklung

Anda juga diundang untuk memainkan angklung, sesuai dengan namanya, Saung Angklung. Selain itu, ada banyak jenis pertunjukan yang diadakan, termasuk angklung untuk pemula, massa, angklung orkestra, dan permainan arumba.

Wisatawan tidak hanya melihat penampilan angklung, tetapi mereka juga diajak untuk beraktivitas, menari bersama. Pengunjung yang masih belajar akan mendapatkan pengalaman baru.

  1. Pertimbangkan Pelatihan Angklung

Anda tidak hanya dapat menikmati pertunjukan angklung, tetapi Anda juga dapat belajar tentang proses pembuatan angklung dengan bantuan panduan yang akan mengajarkan Anda cara membuat dan memainkan angklung.

Itu benar—wisata budaya dan edukasi memungkinkan Anda minum air sambil menyelam. Artinya, Anda tidak hanya dapat menikmati liburan untuk menghilangkan penat, tetapi juga dapat memperoleh pengetahuan baru dan pengalaman baru. Selain memberikan hiburan, itu pasti membantu Anda belajar lebih banyak.

  1. Bermain angklung bersama-sama

Selain menonton pertunjukan angklung orkestra, Anda juga memiliki kesempatan untuk memainkan angklung bersama pemain aslinya. Setiap pengunjung yang tertarik untuk memainkan angklung akan diberikan sebuah angklung dan diberikan instruksi tentang cara memainkan angklung.

Sebelum bermain bersama, pengunjung memiliki kesempatan untuk membunyikan angklung dengan benar. Setelah semua selesai, konduktor memberikan aba-aba, mirip dengan menggoyangkan angklung, sesuai dengan kode. Ini memupuk kecintaan terhadap seni lokal, terutama sunda.

  1. Menikmati Pertunjukan
Pertunjukan saung anklung udjo
Foto : Gmaps

Pengunjung Saung Angklung Udjo memiliki kesempatan untuk menari bersama para penari selama pertunjukan. Para penari memberikan contoh gerakan mereka kepada pengunjung untuk diikuti.

Tujuan dari acara menari ini, yang melibatkan penari dan pengunjung, adalah untuk memperkenalkan budaya Sunda kepada penonton, yang harus dilestarikan dan dipelihara oleh generasi mendatang.

6: Bernyanyi bersama-sama

Selain menonton berbagai pertunjukan, penonton juga memiliki kesempatan untuk bernyanyi bersama para pemain angklung. Lagu yang dinyanyikan adalah lagu khas dari daerah Jawa Barat. Ini bisa menjadi cara untuk mengajar dan mencintai budaya lokal.

  1. Ambil gambar

Saung Udjo menawarkan banyak tempat yang bagus untuk berfoto. Sambil berfoto dengan keluarga atau kerabat mereka, pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar. Pengunjung merasa berada di pedesaan saat mendengar suara pepohonan bambu dan dedaunan yang tertiup angin.

Hal ini pasti sayang untuk dilewatkan bagi mereka yang senang mengabadikan momen tertentu saat bepergian. Anda dapat mengambil foto di mana pun di sekitar kabin.

  1. Membayar untuk oleh-oleh

Tidak hanya wisata budaya dan pembelajaran yang ditawarkan, tetapi banyak toko souvenir juga dibuka. Sekarang pengunjung dapat membeli berbagai pernak-pernik dari toko suvenir setelah liburan.

Anda dapat mencari hadiah untuk orang yang Anda sayangi. Jenis pernak pernik juga beragam, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Angklung, kendang, kujang, gambang, dan gantungan kunci memiliki gaya utama.

Toko Oleh-Oleh Saung Udjo menyediakan berbagai macam hadiah seperti sandal, kaos, gelang, tas, topi, dan lainnya.

  1. Manfaatkan keindahan alam

Saung Angklung Udjo Tour memadukan konsep alam hijau dan seni pertunjukan tradisional agar wisatawan tidak bosan dengan hanya fokus pada satu aspek wisata.

Suasana menjadi lebih alami dengan angklung dan panggung yang sedikit terbuka. Pengunjung sepertinya dibawa ke sebuah tempat tradisional yang penuh dengan tradisi Sunda.

Tempat ikonik di Saung Udjo

Fasilitas di Saung Angklung Udjo. Foto diambil dari Google Maps oleh Ruli Riyanto.

  1. Membeli suvenir

Di sekitar Saung Angklung Udjo, ada banyak toko suvenir yang menawarkan berbagai oleh-oleh. Toko-toko ini juga memiliki banyak pilihan, jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin membeli oleh-oleh yang anda inginkan.

  1. Restoran sunda tradisional

Semua restoran di Saung Udjo menyajikan makanan khas Sunda. Jadi, bagi Anda yang berasal dari luar kota Bandung, tidak ada salahnya jika ingin mencoba makanan Sunda.

Anda dapat memilih berbagai jenis makanan, minuman, dan jajanan sunda, jadi Anda tidak perlu khawatir kelaparan jika Anda pergi ke saung yang memiliki ciri khas Angklung ini.

  1. Taman 3.

Taman ini cukup besar. Anda dapat menikmati udara sejuk dan nuansa alam. Sambil berjalan-jalan, Anda dapat melihat-lihat halaman taman atau menikmati makanan ringan yang Anda beli. Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah.

  1. Penginapan

Jika Anda ingin menginap di Saung Udjo, tim pemandu akan memandu Anda. Ini berarti Anda tidak perlu tinggal jauh untuk melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

  1. Mushola

Di kawasan Saung Angklung Udjo juga ada tempat ibadah atau mushola, jadi para pengunjung tidak perlu khawatir untuk memenuhi kewajibannya ketika waktu pelayanan tiba.

  1. Parkir

Selain itu, kawasan wisata ini memiliki tempat parkir yang luas dan aman untuk kendaraan pribadi dan rombongan besar.

  1. Kamar Mandi

Kehadiran toilet di tempat umum sudah menjadi kebutuhan penting bagi pengunjung. Toilet di saung dianggap bersih karena ada layanan pembersihan rutin.

Itulah informasi tentang Saung Angklung Udjo. Semoga bisa menjadi rekomendasi tempat yang tepat jika Anda sedang merencanakan liburan bertema budaya dan edukasi. Agar tidak kehabisan tiket, segera atur jadwalnya dan hubungi pihak terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *