Tempat wisata dingin

5 Pilihan Destinasi Wisata dengan Udara Sejuk Terbaik

Posted on

FUNTOURA.COM – Cuaca yang panas seringkali menjadi alasan utama bagi para pelancong untuk menunda perjalanan mereka. Selain memberikan ketidaknyamanan, bepergian saat cuaca panas dapat menyebabkan dehidrasi atau bahkan merusak kulit.

Jika Anda tetap ingin menjelajah, salah satu cara untuk mengatasi cuaca panas adalah dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang terletak di dalam ruangan atau indoor.

Namun, hal ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat mengunjungi tempat-tempat wisata outdoor atau di luar ruangan, karena masih banyak destinasi yang menawarkan udara segar dan dingin di Indonesia.

Dilansir oleh Antara, platform e-commerce Tokopedia telah membagikan rekomendasi destinasi yang dapat dikunjungi oleh masyarakat Indonesia untuk menghindari cuaca panas yang ekstrem.

Mulai dari danau yang terkenal dengan keindahannya hingga tempat-tempat populer di Jawa Tengah. Mari kita simak ulasannya.

Toba dan Samosir di Sumatera Utara

Suhu rata-rata Toba dan Samosir berkisar antara 17-29 derajat Celsius, menjadikannya destinasi ideal bagi mereka yang ingin menikmati udara sejuk. Selain udaranya yang segar, terdapat banyak aktivitas luar ruangan yang dapat dinikmati, seperti menikmati keindahan alam Danau Toba.

Untuk mencapai tempat ini, Anda dapat mendarat di Bandara Silangit dan melanjutkan perjalanan darat menuju Toba, atau menyeberang dengan kapal atau jembatan ke Pulau Samosir.

Lembang dan Ciwidey di Jawa Barat

Terletak tidak jauh dari pusat kota Bandung, Lembang dan Ciwidey adalah contoh tempat wisata lain yang memiliki iklim dingin yang bisa Anda kunjungi. Anda dapat berwisata di perkebunan stroberi dan teh, serta menikmati pemandian air panas.

Suhu rata-rata di kedua destinasi ini berkisar antara 13-28 derajat Celsius. Untuk mencapai tempat ini, Anda dapat mendarat di Bandara Husein Sastranegara atau turun di stasiun kereta Bandung, lalu melanjutkan perjalanan darat.

Tawangmangu dan Dieng di Jawa Tengah

Anda mungkin sudah familiar dengan postingan di media sosial yang menggambarkan dinginnya suhu udara di Dieng. Bahkan, pada beberapa momen tertentu, salju juga turun di Dieng.

Meskipun tidak sebanyak di luar negeri, tetapi dinginnya suhu udara di Dieng dapat menciptakan pemandangan menakjubkan dengan bunga es atau embun upas.

Suhu rata-rata di Dieng pada siang hari berkisar antara 12-20 derajat Celsius, sementara di malam hari dapat turun hingga 6-10 derajat Celsius. Tawangmangu juga memiliki udara yang sangat sejuk, dengan suhu rata-rata pada siang hari sekitar 17-22 derajat Celsius.

Untuk mencapai Tawangmangu, Anda dapat mendarat di Bandara Adi Soemarmo atau turun di stasiun kereta di Solo, lalu melanjutkan perjalanan dengan mobil selama sekitar 1,5-2 jam.

Untuk menuju Dieng, Anda dapat mendarat di Bandara Ahmad Yani atau turun di stasiun kereta di Semarang, lalu melanjutkan perjalanan dengan mobil selama sekitar 2-2,5 jam.

Batu dan Bromo di Jawa Timur

Selain udaranya yang sejuk, Batu dan Bromo juga terkenal dengan berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari kebun binatang dan taman bermain di Batu, hingga keindahan Gunung Bromo.

Baik Batu maupun Bromo sering dijadikan pilihan oleh para pelancong sebagai tujuan wisata untuk beristirahat dari rutinitas sehari-hari. Suhu rata-rata di Batu pada siang hari berkisar antara 18-28 derajat Celsius, sementara di Bromo suhunya berkisar antara 5-12 derajat Celsius.

Untuk mencapai destinasi ini, terdapat beberapa opsi moda transportasi yang dapat digunakan. Jika tujuan Anda adalah Batu, Anda dapat mendarat di Bandara Abdul Rachman Saleh atau turun di stasiun kereta Malang Baru, lalu melanjutkan perjalanan darat.

Sedangkan jika Anda ingin menuju Bromo, Anda dapat mendarat di Bandara Juanda atau turun di stasiun kereta Pasar Turi, Surabaya, dan melanjutkan perjalanan darat.

Ubud dan Kintamani di Bali

Berlokasi di wilayah dataran tinggi, Ubud dan Kintamani menawarkan destinasi wisata dengan suhu yang sejuk. Selain udaranya yang nyaman, daerah ini juga mempesona dengan kekayaan alamnya yang luar biasa.

Suhu di Ubud bisa mencapai 20 derajat Celsius, sedangkan di Kintamani mencapai 17 derajat Celsius. Lokasi ini dapat dijangkau dengan naik pesawat ke Bandara Ngurah Rai Bali, diikuti perjalanan darat yang memanjakan mata dengan pemandangan alam yang indah.

Siapkan diri Anda untuk liburan di tempat-tempat yang menawarkan udara sejuk dan menyegarkan? Jelajahi keindahan alam dan destinasi wisata yang unik di setiap sudut Batu, Bromo, Ubud, dan Kintamani!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *