Tempat Wisata Lembang

Pilihan Tempat Wisata di Lembang -Bag 1

Posted on

FUNTOURA.COMTempat wisata di Lembang, Bandung, menyajikan berbagai destinasi menarik yang patut untuk dikunjungi, dan salah satu yang paling terkenal adalah Floating Market Lembang. Di sana, pengunjung dapat menikmati atmosfer unik pasar terapung yang menawarkan beragam kuliner dan produk lokal.

Tidak hanya itu, Lembang juga dikenal memiliki berbagai restoran yang menyajikan hidangan khas dengan cita rasa enak dan gurih. Pengunjung dapat menjelajahi ragam kuliner yang memanjakan lidah di tengah suasana alam yang hijau dan sejuk.

Bagi mereka yang sedang mencari pengalaman wisata yang lebih terjangkau di Lembang, terdapat beberapa tempat yang menawarkan pengalaman gratis, bahkan bagi yang hanya ingin menikmati keindahan pemandangan. Dengan begitu, pengunjung dapat menyesuaikan pilihan wisata mereka sesuai dengan anggaran dan preferensi masing-masing.

Daftar Tempat Wisata di Lembang

Salah satu kawasan wisata yang sangat diminati di Bandung adalah Lembang, yang terletak di kecamatan Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Keindahan Lembang sebagai destinasi wisata terletak pada ketinggiannya yang memberikan udara sejuk dan pemandangan alam yang memukau.

Dari Floating Market Lembang hingga Pemandian Air Panas Ciater, banyak pilihan tempat liburan yang dapat Anda pertimbangkan. Jika Anda sedang mencari destinasi liburan terbaik, Lembang Bandung menjadi pilihan yang sangat tepat.

Selain memanjakan mata dengan pemandangan yang indah, kawasan ini juga menawarkan berbagai objek rekreasi yang menarik. Jika Anda ingin mengetahui tempat wisata di Lembang Bandung yang paling direkomendasikan, berikut adalah beberapa rekomendasi:

Floating Market Lembang

Floating Market Lembang. Foto : Ardi/Shutterstock

Floating Market Lembang merupakan destinasi wisata yang mengusung konsep pasar terapung dengan keunikan tersendiri. Kuliner di Floating Market banyak dijual di atas perahu, menciptakan pengalaman unik. Di sini, pengunjung tidak hanya dapat menikmati perahu, tetapi juga menikmati kuliner khas Bandung yang disajikan secara unik di atas perahu.

Terletak di Jl. Grand Hotel No. 33E, Floating Market tidak hanya menawarkan pengalaman kuliner, tetapi juga berbagai kegiatan menarik, seperti:

  1. Berjalan-jalan di taman bunga dan kota mini.
  2. Menaiki perahu.
  3. Menikmati wahana air.
  4. Bermain di playground.
  5. Menyewa kostum untuk berfoto-foto.
  6. Berinteraksi dengan kelinci dan memberi makan kelinci.

Beragam atraksi yang tersedia di Floating Market membuat tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Bahkan, anak-anak dapat menikmati sensasi menaiki perahu naga hingga berinteraksi dengan kelinci.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Floating Market, tempat ini buka setiap hari mulai pukul 09.00–19.00 pada hari kerja dan 08.00–19.00 pada akhir pekan.

Farmhouse Susu Lembang

Salah satu destinasi wisata di Lembang yang saat ini buka dan sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga adalah Farmhouse Susu Lembang. Tempat wisata edukasi yang telah berdiri sejak tahun 2015 ini menawarkan konsep pedesaan ala Eropa. Pengunjung dapat mengajak anak-anak dan keluarga untuk berinteraksi dengan berbagai hewan, seperti kelinci dan sapi.

Keunikan Farmhouse Susu Lembang, yang terletak di Jl. Raya Lembang No. 106, adalah pemberian welcome drink atau makanan hanya dengan menukar tiket. Pengunjung dapat memilih apakah ingin menikmati 1 cup susu murni Lembang atau mendapatkan diskon untuk makanan di backyard kitchen. Setelahnya, Anda dapat menikmati berbagai kegiatan di Farmhouse Susu Lembang, antara lain:

  1. Berinteraksi dengan hewan di area peternakan, seperti kelinci, domba, sapi, angsa, burung, iguana, dan landak.
  2. Berjalan-jalan dan berfoto di bangunan khas Eropa, Rumah Hobbit, serta taman bunga.
  3. Menulis dan memasangkan gembok cinta.
  4. Menyewa baju tradisional khas Eropa.
  5. Menikmati kuliner khas Bandung di kafe yang Instagramable.

Farmhouse Susu Lembang buka setiap hari dengan jam operasional sebagai berikut:

  • Hari Kerja: 00.00–18.00 WIB.
  • Akhir Pekan dan Hari Libur Nasional: 09.00–19.00 WIB.

Orchid Forest Lembang

Salah satu rekomendasi tempat wisata di Lembang yang patut untuk Anda kunjungi adalah Orchid Forest Lembang. Sesuai dengan namanya, tempat yang terletak di Genteng, Cikole, ini dikenal memiliki koleksi lebih dari 157 jenis bunga anggrek.

Dengan lahan seluas 12 hektar, tempat wisata ini menghadirkan bibit-bibit bunga dari berbagai belahan dunia, termasuk dari negara-negara seperti Venezuela dan Peru. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Orchid Forest Lembang menjadi destinasi favorit para pecinta botani yang ingin menikmati keindahan alam.

Selain taman bunga yang memukau, Orchid Forest Cikole juga dilengkapi dengan amphitheater. Area ini sering digunakan untuk pertunjukan seni dan musik, menciptakan suasana hiburan yang menarik. Pengunjung juga dapat mengabadikan momen indah dengan latar belakang yang Instagrammable di berbagai spot foto yang tersedia.

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, Orchid Forest Lembang menawarkan pengalaman seru di Rabbit Forest. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 09.00–18.00 WIB, di mana si kecil dapat berinteraksi dengan kelinci. Sebuah pengalaman yang pastinya menyenangkan, bukan?

Kawasan Wisata Curug Tilu

Kawasan wisata Curug Tilu Leuwi Opat dapat menjadi destinasi yang tepat jika Anda menyukai keindahan air terjun. Tempat ini menawarkan beberapa air terjun menarik yang dapat Anda kunjungi, antara lain:

  1. Curug Aseupan.
  2. Curug Citulang.
  3. Curug Cilaki.
  4. Curug Tilu.

Di destinasi wisata terfavorit di Lembang ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seru, seperti berfoto, berkemah, outbound, bermain air, flying fox, dan bermain paintball.

Jika Anda berencana mengunjungi Curug Tilu Leuwi Opat, pastikan untuk datang antara pukul 07.00–17.00 WIB. Dengan demikian, Anda dapat menikmati liburan dengan lebih leluasa di kawasan ini.

Fairy Garden Lembang

Fairy Garden by The Lodge dapat menjadi destinasi wisata di Lembang yang cocok untuk anak-anak yang menyukai suasana negeri dongeng.

Tempat ini hanya buka setiap akhir pekan, mulai pukul 09.00–17.00 WIB, dan menyajikan enam area dengan pemandu ‘peri’. Beberapa area yang menarik untuk dieksplorasi, antara lain:

  1. Art Factory (Peri Kai): Area untuk seni seperti melukis.
  2. Florania (Lilian): Area untuk menikmati dan belajar tentang bunga, termasuk cara menanam bunga.
  3. Lola’s Library: Area yang penuh dengan boneka lucu dan memiliki latar belakang Gunung Maribaya.
  4. Wood Land: Area outdoor yang memungkinkan pengunjung bermain wahana dan berinteraksi dengan hewan, seperti kuda poni dan kelinci.
  5. Labirin Gopher Maze: Area dengan labirin dan spot menarik.
  6. Fairy Garden: Area wahana dan kuliner dengan pemandangan yang asri.

Selain itu, pengunjung juga dapat mengajak anak-anak untuk mengenakan pakaian ala negeri dongeng, seperti baju pangeran atau putri. Dengan begitu, liburan Anda di Fairy Garden akan menjadi lebih berkesan dan penuh cerita.

The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya. Foto : Gmaps
The Lodge Maribaya. Foto : Gmaps

Meskipun tidak termasuk dalam kategori tempat wisata Bandung yang baru, The Lodge Maribaya tetap menjadi salah satu kawasan wisata yang sangat populer. Di tempat ini, Anda dapat menikmati pengalaman berkemah mewah atau glamping sambil menikmati keindahan alam.

Bukan hanya untuk berkemah, di kawasan yang buka pada pukul 09.00–17.00 WIB ini, Anda dapat menikmati berbagai kegiatan, antara lain:

  1. Menikmati wahana seperti Hot Air Balloon, Zip Bike, Valley Swing, Mountain Swing.
  2. Berfoto di berbagai spot foto yang tersedia.
  3. Menikmati kuliner di kafe dan restoran yang terdapat di sini.

Perlu diperhatikan, terdapat biaya tambahan yang harus dibayarkan sebelum menaiki wahana seperti balon udara. Selain itu, pastikan Anda sudah melakukan vaksinasi sebelumnya dan melakukan pemindaian QR Code sebelum memasuki area The Lodge Maribaya.

Kebun Begonia Lembang

Lembang tidak hanya terkenal dengan anggreknya, tetapi juga memiliki pesona kebun begonia yang menawan. Di Kebun Begonia, pengunjung dapat menikmati keindahan taman bunga, berfoto, membeli tanaman hias, hingga merasakan pengalaman memetik sayuran sendiri. Bahkan, jika Anda merasa lelah, Anda dapat membeli langsung sayur dan buah segar yang diproduksi oleh Kebun Begonia.

Tempat wisata di Lembang yang terbuka untuk semua kalangan pengunjung ini juga menyuguhkan berbagai atraksi wisata menarik, seperti:

  1. Area outbound untuk bermain paintball dan flying fox.
  2. Aktivitas berkuda.
  3. Keseruan memberi makan kelinci.

Jika Anda tertarik, Kebun Begonia dapat dikunjungi setiap hari dengan jam operasional:

  • Senin hingga Sabtu: 00.00–17.00 WIB.
  • Minggu: 00.00–18.00 WIB.

Jungle Milk Lembang

Jungle Milk Lembang. Foto : Ahmad / Gmaps
Jungle Milk Lembang. Foto : Ahmad / Gmaps

Jungle Milk Lembang tetap menjadi destinasi wisata favorit untuk berkemah di Lembang pada tahun 2021 dan hingga saat ini. Tempat ini hanya buka setiap Senin–Sabtu pada pukul 09.00–17.00 WIB dan menawarkan nuansa berkemah yang unik.

Di Jungle Milk, Anda dapat berkemah di area hutan pinus yang dilengkapi dengan keberadaan kuda dan sapi yang berkeliaran secara bebas. Keunikan lainnya, hewan-hewan di sini telah terlatih dengan baik, sehingga aman untuk berinteraksi.

Selain berkemah, beberapa kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di tempat ini antara lain:

  1. Menaiki ATV.
  2. Menunggang kuda.
  3. Trekking.

Jika Anda tertarik, Jungle Milk menawarkan berbagai paket berkemah atau piknik, seperti:

Paket Camping:

  • Mandiri: Rp125.000 per orang dengan membawa perlengkapan sendiri, termasuk welcome drink dan paket jagung bakar.
  • Manja: Rp240.000 per orang dengan fasilitas tenda dan perlengkapannya, paket jagung bakar, dan welcome drink.
  • Campervan: mulai dari Rp60.000 (mobil), Rp125.000 (per orang) dengan fasilitas hammock.

Paket Piknik:

  • Barbeque Kenyang: Rp180.000 per orang.
  • Roasted Chicken: Rp330.000 per orang.
  • Barbeque Puas: Rp220.000 per orang.
  • Steamboat Suki: Rp150.000 per orang.
  • Paket Timbel: Rp150.000 per orang.

Terima kasih telah melihat daftar pilihan tempat wisata di Lembang ini. Semoga perjalanan Anda penuh keceriaan dan kenangan indah di setiap sudut destinasi yang dipilih. Selamat menjelajahi kecantikan alam dan budaya yang menakjubkan!

Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *