Wisata Kepulauan Natuna

Spot Wisata Terbaik di Kepulauan Natuna yang Harus Dikunjungi

Posted on

FUNTOURA.COM – Kepulauan Natuna, sebagai salah satu wilayah perbatasan terluar Indonesia, memegang pesona luar biasa dengan potensi wisata dunia yang tak terhingga. Nama Natuna, berasal dari kata “Natunae” dalam bahasa Belanda yang berarti alam, mencerminkan keindahan alam kepulauan ini.

Wisata Kepulauan Natuna

Alif Stone Park

Alif Stone Park. Foto : Yulianus / Gmaps
Alif Stone Park. Foto : Yulianus / Gmaps

Alif Stone Park menjadi destinasi utama di Kepulauan Natuna. Sebagai museum alam, tempat ini dikenal dengan ribuan batu megalit yang menghiasi keindahan pantai. Gugusan batu granit yang melintasi pantai menciptakan pesona yang sulit dilupakan. Nama “Alif Stone Park” diambil dari batu yang berdiri tegak, menyerupai huruf ‘alif’ dalam aksara Arab di tengah laut.

Gunung Gundul Kepulauan Natuna. Foto : Mayfany / Gmaps
Gunung Gundul Kepulauan Natuna. Foto : Mayfany / Gmaps

Tidak hanya menawarkan wisata bahari, Kepulauan Natuna juga memamerkan keindahan dari dataran tinggi. Pendakian ke puncak Gunung Gundul memberikan pengunjung pengalaman kesejukan pegunungan. Gazebo di puncak gunung menjadi tempat istirahat yang ideal, sementara daerah ini sering dipilih sebagai lokasi perkemahan Pramuka.

Hutan Mangrove Pengadah. Foto : Muhammad Fadhali / Gmaps
Hutan Mangrove Pengadah. Foto : Muhammad Fadhali / Gmaps

Bagi yang menyukai susur sungai di hutan bakau, kunjungan ke Hutan Mangrove Pengadah di Natuna pasti menyenangkan. Tempat ini bukan hanya destinasi edukasi dan konservasi bakau, tetapi juga menawarkan pengalaman langsung dalam menanam dan memahami lebih dalam tentang ekosistem mangrove. Spot yang instagramable menjadikan Hutan Mangrove Pengadah tempat hunting foto yang ideal.

Pantai Batu Kasah. Foto : Sri Wulan / Gmaps
Pantai Batu Kasah. Foto : Sri Wulan / Gmaps

Pantai Batu Kasah atau dikenal sebagai Pantai Cemaga dianggap sebagai salah satu pantai tercantik di Natuna. Pesona pantai ini dengan pohon kelapa dan batuan granit menjadikannya tempat ideal untuk bersantai di bibir pantai 5 kilometer dengan pasir putih. Air laut yang jernih membuatnya menjadi destinasi sempurna untuk berenang, snorkeling, atau menyelam.

Pantai Sahi, salah satu destinasi populer di Kepulauan Natuna, menawarkan landmark unik berupa pulau batu di tengah laut. Jarak yang dapat diakses dari pusat kota Ranai membuatnya menjadi destinasi favorit. Pantai ini menawarkan berbagai aktivitas bermain air yang seru, membuatnya selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Hamparan pasir putih berkilau menjadikan Pantai Sisi objek kunjungan liburan yang layak. Meskipun memerlukan perjalanan laut selama 10-12 jam, usaha tersebut terbayar saat menginjakkan kaki di pantai ini. Keaslian wisata yang belum terlalu banyak dijamah wisatawan memberikan kesan seperti berada di pantai pribadi.

Pantai Tanjung

Pantai Tanjung Natuna. Foto : Dinaspariwisata

Pantai Tanjung terkenal sebagai spot wisata bahari yang ideal untuk bersantai. Angin sepoi-sepoi dengan panorama bawah laut yang eksotis menjadikan daerah ini surga tropis terbaik. Pantai pasir putih ini juga menawarkan pemandangan Gunung Ranai yang mempesona. Untuk pengalaman yang lebih lama, tersedia pondok-pondok kecil untuk bersantai sambil menikmati keindahan pantai ini.

Pantai Teluk Buton

Pantai Teluk Buton. Foto : Witra / Gmaps
Pantai Teluk Buton. Foto : Witra / Gmaps

Menghabiskan akhir pekan di Pantai Teluk Buton menjadi pengalaman terbaik. Keindahan bawah airnya telah membuat pantai ini menjadi kunjungan oleh tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam pemetaan Cagar Budaya Bawah Air. Pantai ini menghadap Laut Cina Selatan dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pulau Senoa

Bagi pencinta snorkeling, Pulau Senoa menjadi pilihan ideal. Pulau ini menawarkan perairan yang jernih dan terumbu karang yang mempesona. Selain itu, Pulau Senoa juga merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan Malaysia bagian Timur. Keunikan pulau ini, yang bentuknya menyerupai wanita berbadan dua, menambah daya tariknya.

Pulau Tiga

Berada di Pulau Tiga akan membuat Anda kagum. Pulau ini tidak hanya menampilkan panorama alam yang menawan, tetapi juga kekayaan hasil laut serta perkebunan cengkeh dan karet. Pulau Tiga dihuni oleh masyarakat Natuna yang kaya akan budaya, memberikan pengalaman liburan yang lengkap dan beragam.

Tanjung Senubing

Pantai berbukit Tanjung Senubing menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Pantai ini dikelilingi oleh ratusan batu granit raksasa yang tumbuh dengan tanaman rambat, menciptakan suasana yang lebih eksotis. Batu raksasa seukuran gedung lima lantai menjadi ikon pantai ini. Jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Ranai membuat Tanjung Senubing mudah diakses sebagai destinasi liburan di Kepulauan Natuna.

Air Terjun Gunung Ranai

Selain pantai, Kepulauan Natuna juga menawarkan wisata air melalui Air Terjun Gunung Ranai. Keindahan dan ketenangan air terjun ini akan membuat Anda merasakan kedamaian, terutama karena lokasinya yang masih tersembunyi. Bagi pencinta petualangan, Air Terjun Gunung Ranai menjadi pilihan yang menarik dengan perjalanan melalui hutan dan perbukitan sebelum benar-benar menikmati surga alam ini.

Jangan menunggu terlalu lama untuk menjelajahi keindahan Kepulauan Natuna. Daerah ini benar-benar layak dijadikan Taman Bumi atau GeoPark Nasional. Segera tambahkan ke dalam daftar perjalanan Anda dan temukan paket wisata menarik Natuna melalui tripcetera.

Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *