Wisata di Pulau Komodo
Wisata di Pulau Komodo. Foto : Unsplash

Taman Nasional Komodo, Keajaiban Dunia Yang Mempesona

Posted on

Taman Nasional Komodo

FUNTOURA – Jika Anda ingin mengungkap sisi eksotis Indonesia, mengunjungi Nusa Tenggara Timur adalah pilihan yang menarik.

Kawasan Indonesia bagian selatan memang memiliki keindahan alam yang unik. Tak mengherankan bahwa banyak turis dari dalam dan luar negeri datang ke Nusa Tenggara Timur untuk berlibur, terutama untuk Taman Nasional Komodo.

Taman Nasional Komodo adalah salah satu dari banyak tempat wisata yang tersedia di wilayah ini. Area ini terdiri dari tiga pulau besar: Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar, bersama dengan sejumlah pulau kecil yang terletak di sekitarnya.

Perairan taman nasional ini juga memberikan pemandangan pulau yang indah. Oleh karena itu, segera siapkan dana untuk liburan ke Taman Nasional Komodo dan nikmati keindahan yang ditawarkan oleh tempat ini.

1. Termasuk Dalam Tujuh Keajaiban Dunia

Keindahan Pulau Komodo. Foto : @ssyarahaz / IG
Keindahan Pulau Komodo. Foto : @ssyarahaz / IG

Taman Nasional Komodo, berdasarkan keputusan New7Wonders Foundation , adalah salah satu finalis dari New Seven Wonders of Nature. Akhirnya, organisasi tersebut memilih Taman Nasional Komodo termasuk dalam daftar pemenang dari keajaiban dunia baru versi alam.

Pemilihan dilakukan di seluruh dunia. Enam lokasi wisata yang termasuk dalam keajaiban dunia adalah Halong Bay di Vietnam; Amazon di Amerika Latin; Pulau Jeju di Korea Selatan; Gunung Table di Afrika Selatan; Air Terjun Iguazu di Amerika Latin; dan Sungai Terowongan Puerto Princea di Filipina.

Tujuh keajaiban tersebut mengungguli situs lain, seperti Maldives, Great Barrier Reef di Australia, dan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Baca Juga  Bukit Teletubbies Sukabumi Nikmati Keindahan Alam Sukabumi

2. Menyaksikan Komodo dari Dekat

Penampakan hewan komodo yang mengesankan. Foto : Max Letek / Unsplash
Penampakan hewan komodo yang mengesankan. Foto : Max Letek / Unsplash

Taman Nasional Komodo adalah rumah terakhir dari komodo, salah satu reptil tertua yang masih hidup di dunia saat ini. Komodo telah tinggal di pulau sejak empat puluh tahun yang lalu. Kunjungan ke sini tidak akan lengkap tanpa melihat komodo dari dekat.

Kadal raksasa ini dapat mencapai berat 165 kilogram dan panjang antara 2 dan 4 meter. Orang yang ingin melihat aksi hewan komodo dari jarak dekat harus dipandu oleh pawang atau tim penjaga.

Tidakkah lucu jika kadal besar itu tiba-tiba menyerang tanpa perlindungan? Dengan kata lain, tim penjaga akan menjaga Anda dari kejadian buruk selama Anda berada di lokasi ini.

Ternyata butuh banyak energi untuk mencapai lokasi habitat hewan purba ini. Terlebih dahulu, pengunjung harus mendaki Gunung Ara, yang membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam. Untuk memfasilitasi pengunjung, pengelola sudah menyediakan trek khusus untuk pendakian.

Selain itu, ada kadal raksasa ini di Loh Buaya, Pulau Rinca. Pengunjung akan dipandu oleh pemandu wisata dan pawang, seperti di Pulau Komodo. Pengunjung juga dapat menikmati indahnya pantai dari atas gunung.

3. Mengunjungi Pulau-Pulau di Sekitar Taman Nasional

Berperahu mengunjungi pulau-pulau. Foto : Chase / Unsplash
Berperahu mengunjungi pulau-pulau. Foto : Chase / Unsplash

Wisata ke pulau biasanya termasuk dalam paket wisata Taman Nasional. Tur perahu ke Taman Nasional Komodo biasanya dimulai dari Labuan Bajo. Pelabuhan ini berfungsi sebagai dermaga awal untuk berbagai jenis perahu yang akan membawa wisatawan ke Taman Nasional Komodo dan beberapa pulau di sekitarnya.

Perjalanan dari Labuan Bajo ke area Pulau Komodo dapat memakan waktu tiga jam. Tidak perlu ragu lagi untuk berwisata ke pulau-pulau yang indah di taman nasional ini karena Anda bisa menggunakan perahu.

4. Menjelajahi Pantai Pink

Pantai Pink di Lombok. Foto : @implasticfree
Pantai Pink di Lombok. Foto : @implasticfree

Mengunjungi Taman Nasional Komodo tidak hanya untuk melihat fauna lokal. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai yang menawan dihiasi pasir merah muda.

Baca Juga  Melepas Penat Dengan Liburan Singkat

Pantai ini dinamakan Pantai Pink karena warnanya yang unik. Pantai ini terlihat seperti Balos Lagoon yang ada di Yunani.

Anda dapat bermain-main di pantai berpasir yang indah ini. Ternyata terumbu karang yang memiliki warna seragam adalah sumber warna ini.

Beberapa terumbu karang pink tergerus air saat ombak mulai mendekati pantai, menambah pasir. Kemudian, perpaduan kedua jenis objek ini menghasilkan keajaiban yang jarang ditemukan ditemukan di pantai lain.

5. Menyelam Untuk Menikmati Keindahan Bawah Laut

menyelam di wisata taman nasional komodo
Suasana bawah latu. Foto : @meetmiratanhalfway / IG

Taman Nasional Komodo adalah tempat yang harus dikunjungi bagi mereka yang menyukai penyelaman dan snorkeling. Apalagi, Taman Nasional Komodo memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa baik di perairan maupun bawah laut.

Terdapat lebih dari 1000 spesies ikan , 260 jenis karang, paus, lumba-lumba,  dan penyu hidup di perairan bawah laut Pulau Komodo.

6. Hiking di Pulau Padar

Pulau Padar. Foto : Chase Rief / Unsplash
Pulau Padar. Foto : Chase Rief / Unsplash

Jika seseorang bertanya tentang tempat yang cocok untuk Instagram, Pulau Padar adalah tempat yang disukai oleh pecinta fotografi. Pulau ini sangat cocok untuk pendaki karena berada di kawasan perbukitan hijau yang terlihat kering.

Untuk menikmati pulau yang tidak berpenghuni ini, orang biasanya berjalan menelusuri garis pantai yang panjang. Pemandangan yang luar biasa dari puncak bukit akan membayar perjuangan Anda. Tempat ini di atas bukit dengan pemandangan teluk adalah tempat favorit bagi wisatawan Taman Nasional Komodo.

7. Menyaksikan Kumpulan Kelelawar di Pulau Kalong

Kelelawar beterbangan. Foto : @devita_ps / IG
Kelelawar beterbangan. Foto : @devita_ps / IG

Wisatawan sering mengunjungi Pulau Kalong, yang merupakan salah satu dari tiga pulau besar yang ada di Taman Nasional Komodo. Pulau ini adalah rumah bagi kelelawar, sesuai dengan namanya. Saat matahari terbenam, Anda akan dapat melihat pemandangan yang luar biasa ini.

Ribuan kelelawar akan bebas dari sarangnya beterbangan di udara. Makhluk malam hari akan kembali ke sarangnya setelah cukup makan hingga matahari bersiap untuk terbit.

Baca Juga  Rekomendasi Glamping di Bandung Untuk Healing Weekend

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengunjungi area ini baik pagi maupun sore untuk menikmati pemandangan yang luar biasa.

Sudah tidak sabar untuk segera mengunjungi tempat ini? Berdasarkan cuaca yang biasanya baik, bulan Juni hingga Juli adalah waktu terbaik untuk pergi. Karena matahari tidak terhalangi mendung, cuaca yang baik akan membuat daya pandang air di lautan terlihat jelas.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir tentang kehujanan di saat beraktivitas di luar ruangan. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan Rp90 ribu per orang untuk berwisata di tempat yang penuh dengan pesona ini. Trekking dan berkeliling di Pulau Rinca dan Pulau Padar sudah termasuk dalam biaya.

Mengingatkan lagi, kamu bisa memesan tiket pesawat dengan harga terbaik secara online.

Referensi : Tripcetera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *