Kisah Misteri Curug Cikuluwung
Foto : Muhammad Akbar / Gmaps

Kisah Misteri Curug Cikuluwung

Posted on

FUNTOURA.COM – Kisah Misteri Curug Cikuluwung. Bogor, sebuah kota yang tak pernah kehabisan destinasi air terjun atau curug yang menawarkan pengalaman eksplorasi yang tak terlupakan. Bagi para pencinta wisata air terjun, Bogor dapat menjadi pilihan utama untuk menjelajahi keindahan air terjun yang ada.

Beberapa curug di Bogor sudah cukup terkenal, seperti curug Nangka, curug Cilember, curug Seribu, dan lain sebagainya. Namun, di antara daftar itu, ada curug yang masih tergolong sebagai tempat yang belum banyak dijamah oleh para wisatawan, yaitu curug Cikuluwung.

Terletak di kampung Sukaasih, desa Cibitung Wetan, kecamatan Pamijahan, kabupaten Bogor, curug Cikuluwung ini menjadi destinasi wisata yang relatif baru. Meskipun belum lama dibuka, keeksotisan dan keindahan curug ini tidak kalah dengan curug-curug lainnya, bahkan memiliki daya tarik yang unik.

Curug Cikuluwung dikelilingi oleh batu-batu indah yang membuatnya terlihat lebih eksotis. Suara gemuruh air terjun menciptakan suasana tenang di sekitarnya. Meskipun perjalanan menuju curug ini memerlukan usaha ekstra karena akses jalan yang sulit dijangkau, pemandangan indah dan eksotis di lokasi akan memberikan pengalaman yang memuaskan.

Kisah Misteri Curug Cikuluwung

Di balik keindahan curug Cikuluwung, terdapat kisah mistis yang cukup menarik untuk diketahui sebelum Anda mengunjungi tempat ini. Beberapa kisah mistis yang tersebar di masyarakat setempat antara lain:

Legenda Kursi-Kursi Kerajaan Mulawarman

Diceritakan bahwa curug Cikuluwung merupakan tempat kursi-kursi kerajaan Mulawarman yang hanya dapat terlihat oleh orang-orang yang memiliki kelebihan indra keenam. Kerajaan Mulawarman sendiri eksis sebelum berdirinya kerajaan Padjajaran.

Misteri Ukiran Batu yang Tak Tampak

Di sekitar curug terdapat batuan eksotis yang indah, namun menyimpan ukiran-ukiran batu yang tidak bisa terlihat secara kasat mata.

Pantangan Memakai Baju Merah untuk Perempuan

Ada pantangan khusus bagi perempuan yang berkunjung ke curug ini, yaitu dilarang memakai baju berwarna merah. Menurut kepercayaan setempat, pengunjung perempuan yang mengenakan baju merah dapat mengundang hal-hal yang tidak diinginkan karena ruh atau karuhun tidak suka tertandingi oleh warna tersebut.

Jam-Jam Tertentu yang Dilarang Dikunjungi Manusia

Curug Cikuluwung masih kental dengan nuansa mistisnya, di mana kuncen curug menyatakan adanya jam-jam tertentu di mana curug sama sekali tidak boleh dikunjungi oleh manusia.

Dengan keindahan alam dan kisah mistis yang menyertainya, Curug Cikuluwung di Bogor menawarkan pengalaman unik yang memadukan antara keeksotisan alam dan warisan budaya setempat.

Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *