Tips Liburan Singapura

10 Tips Liburan Ke Singapura Dengan Keluarga

Posted on

FUNTOURA.COM Tips Liburan Ke Singapura. Singapura bisa dibilang salah satu kota termahal di dunia, tetapi biaya liburanmu bisa bervariasi tergantung pada seberapa mewah atau hemat pilihanmu. Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi biaya termasuk akomodasi, transportasi, makanan, dan aktivitas yang kamu pilih.

Ada pilihan untuk setiap anggaran, mulai dari hotel mewah hingga hostel budget, restoran mewah hingga warung makan pinggir jalan. Dengan merencanakan dengan bijak dan mempertimbangkan anggaranmu, kamu bisa menikmati liburan yang menyenangkan di Singapura tanpa harus menghabiskan terlalu banyak uang.

Berikut adalah 10 tips liburan ke Singapura:

Waktu yang Tepat

Idealnya, kamu ingin menghindari musim hujan yang biasanya terjadi antara November hingga Januari, karena cuaca bisa menjadi tidak stabil dengan hujan yang sering turun. Selain itu, bulan-bulan ini juga merupakan puncak musim liburan, yang artinya tempat-tempat wisata bisa lebih ramai dan harga akomodasi mungkin lebih tinggi.

Bulan-bulan April hingga Agustus sering menjadi waktu yang lebih baik untuk mengunjungi Singapura. Cuaca cenderung lebih cerah dan stabil, membuatnya menjadi waktu yang ideal untuk menjelajahi kota tanpa harus menghadapi hujan yang sering.

Makin Hemat Dengan Tiket Promo

Memanfaatkan promo tiket pesawat bisa menjadi cara yang bagus untuk menghemat uang selama liburan ke Singapura. Beberapa maskapai penerbangan sering menawarkan diskon atau promo khusus untuk penerbangan ke Singapura, terutama jika kamu melakukan pemesanan jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan.

Sebelum memesan tiket pesawat, pastikan untuk memeriksa situs web maskapai penerbangan secara teratur, berlangganan newsletter mereka, atau menggunakan aplikasi pemesanan tiket pesawat yang memungkinkanmu untuk mengatur pemberitahuan harga. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah dan menghemat uang untuk digunakan selama liburan di Singapura.

Memilih Akomodasi yang Tepat

Memilih akomodasi yang tepat dapat membuat liburanmu lebih mengesankan. Ketika kamu memilih akomodasi, pertimbangkan lokasinya yang strategis untuk memudahkan akses ke tempat-tempat wisata utama. Pastikan juga akomodasi tersebut menyediakan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhanmu, seperti kolam renang, restoran, atau akses ke transportasi umum.

Pelayanan yang ramah dan profesional dari staf akomodasi juga dapat meningkatkan pengalaman liburanmu secara keseluruhan. Dengan memilih akomodasi yang tepat, liburanmu di Singapura akan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Menentukan Jenis Transportasi

Kota ini memiliki sistem transportasi umum yang sangat baik, seperti MRT (Mass Rapid Transit) dan bus, yang dapat membantumu untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah dan cepat.

MRT adalah pilihan yang populer di antara wisatawan karena jaringan yang luas, frekuensi yang tinggi, dan kecepatan dalam mencapai tujuan. Dengan menggunakan MRT, kamu dapat menghindari kemacetan lalu lintas dan mencapai tempat wisata utama dengan lebih efisien.

Selain itu, Singapura juga memiliki layanan taksi dan layanan berkendara berbagi seperti Grab atau Gojek yang dapat digunakan untuk perjalanan yang lebih fleksibel, terutama jika kamu ingin mencapai tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh MRT atau bus.

Memilih Lokasi Wisata Gratis

Memilih lokasi wisata yang gratis juga bisa memberikan pengalaman yang sangat seru dan memuaskan selama liburan di Singapura.

Meskipun tidak mengeluarkan biaya tambahan, lokasi-lokasi ini tetap menawarkan beragam atraksi menarik dan pemandangan yang memukau. Selain itu, mengunjungi tempat-tempat gratis dapat menjadi cara yang bagus untuk menghemat anggaran liburanmu sambil tetap menikmati pesona kota Singapura.

Membuat Makanan Sendiri

Meskipun Singapura terkenal dengan berbagai restoran dan makanan lezatnya, memasak sendiri dapat menjadi pilihan yang lebih hemat, terutama jika kamu tinggal di akomodasi dengan dapur atau fasilitas memasak.

Menikmati Makanan di Food Court dan Hawker Center

Harga makanan di food court dan hawker center biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di restoran atau kafe di Singapura. Food court dan hawker center merupakan tempat makan yang populer di Singapura, di mana kamu bisa menemukan berbagai jenis makanan lokal dengan harga yang terjangkau.

Di food court, kamu akan menemukan berbagai stan makanan yang menyajikan berbagai masakan dari seluruh dunia, mulai dari masakan lokal Singapura seperti nasi lemak, chicken rice, hingga hidangan internasional seperti mi ramen Jepang atau pad thai Thailand. Harga makanan di food court biasanya lebih murah daripada di restoran karena mereka biasanya memiliki biaya operasional yang lebih rendah.

Sementara itu, hawker center adalah tempat di mana kamu bisa menemukan kumpulan warung makan yang menyajikan makanan lokal Singapura. Di sini, kamu bisa mencicipi hidangan ikonik seperti chili crab, laksa, satay, dan banyak lagi dengan harga yang sangat terjangkau. Hawker center adalah tempat yang populer di kalangan warga lokal dan wisatawan karena harga makanan yang murah dan cita rasa yang autentik.

Berbelanja di Tempat yang Tepat

Meskipun Singapura terkenal sebagai destinasi belanja yang mewah, ada berbagai cara untuk menemukan barang-barang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Pertama, pastikan untuk menjelajahi pasar tradisional seperti Pasar Tekka di Little India atau Chinatown Complex di Chinatown. Di sini, kamu akan menemukan berbagai barang seperti pakaian, aksesori, dan souvenir dengan harga yang lebih terjangkau daripada di pusat perbelanjaan modern.

Kemudian, kunjungi pasar malam yang tersebar di seluruh Singapura. Pasar malam ini menawarkan berbagai barang dengan harga yang murah, mulai dari pakaian hingga barang-barang elektronik dan perhiasan.

Pilih Tempat yang Menawarkan Promo dan Diskon

Selain itu, pastikan untuk memanfaatkan promo dan diskon yang ditawarkan oleh toko-toko dan pusat perbelanjaan di Singapura. Beberapa pusat perbelanjaan terkenal seperti Orchard Road atau Marina Bay Sands sering menawarkan promo khusus, terutama selama periode tertentu seperti Great Singapore Sale.

Terakhir, bandingkan harga di beberapa toko sebelum memutuskan untuk membeli. Beberapa toko mungkin menawarkan harga yang lebih murah daripada yang lain, jadi pastikan untuk mencari tahu sebelum melakukan pembelian.

Menggunakan Kartu SIM Lokal

Menggunakan kartu SIM lokal di Singapura bisa membantu menghemat uangmu, terutama jika kamu berencana untuk menggunakan layanan telepon atau data selama liburanmu. Dengan kartu SIM lokal, kamu bisa mendapatkan tarif panggilan dan paket data yang lebih murah daripada menggunakan roaming internasional dari operator seluler asalmu.

Semoga tips ini membantumu merencanakan liburan yang lebih hemat dan lancar di Singapura!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *