wisata gratis singapura

Daftar Lokasi Wisata Gratis di Singapura

Posted on

Funtoura.comLokasi Wisata Gratis di Singapura. Singapura memang dikenal dengan daya tarik wisatanya yang modern dan menarik. Namun, banyak yang menganggap bahwa liburan ke Singapura akan menguras kantong karena harganya yang tinggi.

Namun, kenyataannya adalah, ada banyak destinasi wisata di Singapura yang bisa kamu kunjungi tanpa harus menghabiskan banyak uang.

Merlion Park

Merlion Park adalah sebuah tempat yang terkenal karena menampilkan patung Merlion, simbol yang sangat dikenal di Singapura. Di tempat ini, pengunjung dapat mengabadikan momen dengan berfoto bersama patung Merlion sambil menikmati pemandangan indah Marina Bay yang memukau.

Patung Merlion sendiri merupakan patung yang menggambarkan gabungan antara singa dan ikan, menjadi ikon tak terpisahkan dari Singapura. Dengan tinggi mencapai 8,6 meter dan berat sekitar 70 ton, patung ini menjadi salah satu landmark yang sangat menonjol di Merlion Park. Air mancur yang keluar dari mulut patung Merlion menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung, menciptakan suasana yang unik dan menarik.

Asal usul nama “Merlion” sendiri berasal dari kata “mer” yang berarti laut, dan “lion” yang berarti singa. Nama ini mencerminkan sejarah Singapura sebagai kota pelabuhan yang bermula dari sebuah desa nelayan bernama Temasek, serta arti nama asli Singapura yang berarti “kota singa” dalam bahasa Sanskerta.

Merlion Park buka 24 jam setiap hari dan tidak ada biaya masuk, membuatnya menjadi destinasi wisata yang ramah kantong bagi semua orang yang berkunjung ke Singapura.

Garden Bay

Gardens by the Bay merupakan sebuah taman kota yang futuristik yang terletak di pinggiran Marina Bay, Singapura. Dengan luas area mencapai 101 hektar, taman ini tidak hanya menawarkan pesona alam yang menakjubkan, tetapi juga menggabungkan unsur-unsur teknologi dan arsitektur modern yang unik. Tak heran, tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Singapura.

Salah satu daya tarik utama di Gardens by the Bay adalah Supertree Grove, sebuah hutan buatan yang terdiri dari 18 ‘supertree’ raksasa dengan ketinggian mencapai 25 hingga 50 meter. Struktur supertree ini terbuat dari beton bertulang dan dilapisi dengan tanaman merambat yang indah.

Pada siang hari, supertree berfungsi sebagai penyangga panel surya yang menghasilkan energi listrik untuk taman. Namun, saat malam tiba, supertree menampilkan pertunjukan cahaya yang memukau yang dikenal dengan nama “OCBC Garden Rhapsody.”

Gardens by the Bay buka setiap hari mulai pukul 5 pagi hingga 2 pagi, walaupun jam operasional beberapa atraksi di dalamnya mungkin berbeda.

Jewel Changi Airport

Jewel Changi Airport merupakan sebuah bandara yang terkenal dengan desain arsitektur yang menakjubkan. Di sini, Anda dapat menemukan Rain Vortex, yang merupakan air terjun indoor tertinggi di dunia, serta Forest Valley, sebuah taman indoor yang dilengkapi dengan pepohonan dan air terjun.

Selain itu, Jewel Changi Airport menawarkan lebih dari 300 gerai retail dan restoran yang tersebar di lima lantai basement. Dengan beragam pilihan tersebut, pengunjung dapat menemukan berbagai macam produk dan kuliner sesuai dengan selera dan anggaran mereka, mulai dari pakaian fashion hingga merek mewah, serta suvenir lokal yang menarik.

Bandara ini buka 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan tidak memungut biaya masuk.

Marina Bay

Marina Bay Sands yang terletak di tepi Teluk Marina menawarkan pemandangan spektakuler kota Singapura, terutama saat malam tiba ketika gemerlap lampu-lampu di gedung-gedung pencakar langit mempercantik suasana.

Marina Bay Sands merupakan sebuah kompleks ikonik yang mencakup hotel, pusat perbelanjaan, dan kasino. Pengunjung dapat mengunjungi SkyPark yang terletak di puncak Marina Bay Sands dan menikmati pemandangan kota Singapura yang memukau secara gratis. SkyPark buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga 2 pagi.

Fort Canning Park

Fort Canning Park, dengan luas 18 hektar, terletak di pusat kota Singapura dan menawarkan lebih dari sekadar ruang terbuka hijau. Taman ini menyimpan sejarah panjang negara ini, dari masa kerajaan Melayu hingga masa penjajahan Inggris.

Dibuka setiap hari dari pukul 7 pagi hingga 7 malam, taman ini memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan alam dan memahami warisan sejarahnya. Akses ke taman ini sangatlah mudah, terutama melalui MRT (Mass Rapid Transit) dengan turun di stasiun Dhoby Ghaut Station.

Marina Barage

Marina Barrage, sebuah bendungan serbaguna yang terletak di bagian selatan Singapura, dibangun di sepanjang Marina Channel antara Marina East dan Marina South. Selain memainkan peran penting dalam pengelolaan air di Singapura, tempat ini juga menawarkan berbagai fasilitas rekreasi dan edukasi.

Meskipun fungsi utamanya adalah sebagai pengendali banjir dan penyedia air tawar, Marina Barrage juga menyediakan tempat rekreasi yang menyenangkan bagi pengunjung. Tempat ini dapat dikunjungi oleh siapa pun secara gratis dan dapat diakses dengan mudah melalui MRT (Mass Rapid Transit) dengan turun di stasiun Marina South Pier Station.

Selain itu, fasilitas seperti toilet, tempat parkir, dan mesin penjual otomatis tersedia di area taman untuk kenyamanan pengunjung. Pengunjung juga diperbolehkan untuk membawa makanan dan minuman sendiri untuk dinikmati saat piknik di area yang telah disediakan.

Haji Lane

Haji Lane, sebuah jalanan kecil yang berwarna-warni dan trendi di kawasan Kampong Glam, Singapura, awalnya merupakan daerah pemukiman Muslim. Namun, kini jalanan ini telah berubah menjadi salah satu destinasi wisata favorit, terutama bagi para anak muda.

Keunikan Haji Lane terletak pada deretan ruko tua yang dihiasi dengan warna-warni cerah. Tembok-temboknya dilukis dengan mural-mural yang unik dan penuh kreativitas, menciptakan suasana yang sangat cocok untuk diabadikan dalam foto Instagram.

Selain menawarkan suasana yang berbeda dari pusat perbelanjaan besar di Singapura, Haji Lane juga memberikan pengalaman berbelanja yang unik dan menyenangkan. Suasana jalanan yang santai dan penuh dengan kreasi membuat pengunjung betah berlama-lama menelusuri toko-toko dan kafe di sepanjang jalur ini.

Untuk menuju ke Haji Lane, pengunjung dapat dengan mudah menggunakan MRT (Mass Rapid Transit) dan turun di stasiun Bugis Station. Dari sana, jalur kaki sekitar 10 menit akan membawa Anda ke Haji Lane.

Area ini biasanya ramai dikunjungi pada sore dan malam hari. Oleh karena itu, disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman karena akan banyak berjalan kaki saat menjelajahi toko-toko di sepanjang Haji Lane.

Meskipun beberapa toko menerima pembayaran dengan kartu kredit, lebih baik untuk tetap menyediakan uang tunai sebagai cadangan.

Masjid Sultan

Masjid Sultan merupakan salah satu masjid tertua dan terbesar di Singapura, yang terletak di Kampong Glam, sebuah distrik bersejarah yang kaya akan budaya Muslim. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi simbol budaya dan destinasi wisata yang signifikan.

Dibangun atas perintah Sultan Hussein Shah, Sultan Singapura pada masa itu, Masjid Sultan menonjol dengan gaya arsitektur yang memadukan unsur-unsur Eropa dan Islam. Bangunan masjid ini juga didekorasi dengan ornamen Hindu dan Mughal, menciptakan suatu harmoni budaya yang unik.

Southern Ridge

Southern Ridges adalah jalur pejalan kaki yang menghubungkan tiga taman populer di Singapura, yaitu Mount Faber Park, Telok Blangah Hill Park, dan Hort Park. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan spektakuler kota Singapura dan pegunungan di sekitarnya.

Jalur Southern Ridges dapat dengan mudah diakses melalui transportasi umum. Stasiun MRT seperti Telok Ayer, HarbourFront, dan Labrador Park menyediakan akses yang nyaman ke berbagai bagian jaringan taman ini. Selain itu, Southern Ridges buka setiap hari selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu, dan tidak memungut biaya masuk.

Singapore Botanical Park

Singapore Botanic Gardens merupakan sebuah taman botani yang telah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Di tempat ini, pengunjung dapat menjelajahi keindahan taman, mengamati berbagai jenis tanaman, serta bersantai menikmati alam.

Taman Botani Singapura dapat dengan mudah diakses melalui transportasi umum. Pengunjung dapat menggunakan MRT dan turun di stasiun Botanic Gardens, atau memilih untuk naik bus yang berhenti di berbagai halte di sekitar taman.

Singapore Botanic Gardens buka setiap hari mulai dari pukul 5 pagi hingga 6 sore, meskipun beberapa area di dalamnya mungkin memiliki jam operasional yang berbeda.

Budha Tooth Relic

Buddha Tooth Relic Temple adalah sebuah kuil Buddha yang memegang relik gigi Buddha. Di sini, pengunjung dapat memperdalam pengetahuan tentang agama Buddha dan budaya Tionghoa di Singapura.

Kuil Buddha Tooth Relic didirikan dengan tujuan menghormati relik suci tersebut, yang dipercaya telah dibawa ke Singapura pada tahun 1980-an. Tempat ini menjadi pusat devosi bagi umat Buddha di seluruh dunia.

Buddha Tooth Relic Temple buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga 7 malam, memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk mengunjungi dan menghormati relik Buddha tersebut.

Esplanade Theatre

Esplanade Theatres on the Bay merupakan pusat seni pertunjukan yang terkenal dengan desain arsitektur yang unik. Dengan dua kubah besar yang menyerupai buah durian, Esplanade dikenal sebagai “The Durian”. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai pertunjukan seni secara gratis yang diselenggarakan di area publik.

Selain itu, Esplanade juga menawarkan kesempatan untuk mengunjungi pameran seni atau sekadar bersantai di taman terbuka yang mengelilingi gedung pertunjukan. Dibuka setiap hari, pengunjung dapat menikmati pertunjukan gratis yang biasanya dijadwalkan pada waktu tertentu. Pastikan untuk memeriksa jadwal acara sebelumnya agar tidak ketinggalan.

Library@Orchad

Library@Orchard adalah salah satu perpustakaan modern yang terletak di jantung Orchard Road, Singapura. Dikenal sebagai salah satu perpustakaan unggulan di kota ini, Library@Orchard menawarkan beragam koleksi buku yang luas dan ruang baca yang nyaman untuk para pengunjungnya.

Tidak hanya menjadi tempat favorit bagi para pecinta buku, tetapi juga menjadi destinasi yang cocok untuk masyarakat umum. Di sini, pengunjung dapat menikmati suasana yang tenang sambil membaca buku, belajar, atau bahkan bekerja dengan nyaman.

Perpustakaan ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 9 malam, memungkinkan pengunjung untuk mengakses fasilitasnya sesuai dengan jadwal mereka. Dengan lokasinya yang strategis di Orchard Road, Library@Orchard menjadi tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu santai sambil menikmati dunia literasi.

Peranakan Houses

Peranakan Houses merupakan rumah-rumah tradisional yang mencerminkan perpaduan budaya Tionghoa dan Melayu yang khas.

Kawasan Little India dikenal sebagai salah satu lokasi yang kaya akan Peranakan Houses. Di sini, pengunjung dapat memperdalam pemahaman tentang budaya Peranakan sambil menikmati keunikan arsitektur rumah-rumahnya yang menarik, yang ditandai dengan warna-warna cerah dan detail-detail yang khas.

Sebagian Peranakan Houses telah diubah menjadi museum yang dapat dikunjungi dengan membayar tiket masuk. Namun, pengunjung juga dapat menikmati keindahan eksterior rumah-rumah tersebut secara gratis dengan berjalan kaki di sekitar kawasan Little India.

Kampong Glam

Kampong Glam memegang peranan penting sebagai kawasan bersejarah yang menjadi pusat kebudayaan Melayu di Singapura. Di sini, pengunjung dapat mengeksplorasi beragam tempat menarik, termasuk Masjid Sultan yang telah dibahas sebelumnya, serta Malay Heritage Centre yang menyajikan informasi seputar sejarah dan budaya Melayu di Singapura.

Selain menjadi tempat bersejarah, Kampong Glam juga dikenal dengan berbagai toko yang menjual souvenir khas Melayu, seperti kain batik, songkok, dan kerajinan tangan lainnya. Pengunjung dapat menikmati pengalaman berbelanja yang unik sambil menjelajahi jalanan yang dipenuhi dengan suasana budaya yang khas di Kampong Glam.

Singapura memang dikenal sebagai tujuan wisata modern dan mewah, tetapi ternyata terdapat banyak pilihan wisata gratis yang tak kalah menarik. Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang telah disebutkan sebelumnya, kamu dapat menikmati liburan di Singapura tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Selain tempat-tempat tersebut, masih ada banyak lokasi menarik lainnya di Singapura yang dapat dieksplorasi. Pastikan untuk menyusun itinerary perjalanan dengan baik dan mencari informasi mengenai transportasi umum yang tersedia di Singapura.

Dengan perencanaan yang matang dan memanfaatkan berbagai fasilitas gratis yang ada, liburanmu di Singapura pasti akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *