Lumpia Semarang
Foto : Shutterstock

10 Toko Lumpia di Sekitar Kota Tua Semarang

Posted on

FUNTOURA.COM – Kalau Anda berwisata ke Kota Tua Semarang, tidak jauh dari sana kamu bisa menikmati kuliner khas yang tak boleh dilewatkan – lumpia. Asalnya dari budaya Tionghoa, namun di sini di kota ini, kamu akan menemukan nuansa khas yang begitu berbeda.

Citra rasa lumpia Semarang menyatu dalam perpaduan cita rasa Tionghoa-Jawa, dan diberkahi dengan isian rebung yang diiris halus. Sungguh menakjubkan, baik dalam bentuk rebus maupun goreng, kedua variasi ini mampu menggoda lidahmu dengan kelezatan yang menjadi favorit.

Tempat Belanja Lumpia di Sekitar Kota Tua Semarang

Ingin tahu dimana kamu bisa menikmati lumpia Semarang yang memikat? Mari menjelajahi pilihan tempat yang tak terlupakan dalam mengecap sensasi kuliner ini.

Lumpia Gang Lombok

Di sudut Gang Lombok, tidak jauh dari Kota Tua Semarang nampak terpampang nama “Lunpia Semarang Gang Lombok No. 11” di sebuah kedai kecil nan sederhana.

Sudah ratusan tahun lamanya, lumpia ini menjadi legenda yang tak tergoyahkan. Lokasinya yang tak terlalu mencolok, berdekatan dengan Klenteng Tay Kak Sie, dikenal dengan cerita Laksamana Cheng Ho.

Kamu akan disajikan lumpia yang terlihat begitu generositas dalam isiannya – pilihan daging ayam atau udang yang berlimpah. Yang membuatnya kian istimewa adalah irisan rebung atau bambu muda, begitu gurih, begitu segar, dan tak pernah mencemari aroma lumpia.

Jika kamu mendambakan sensasi lebih, tersedia pilihan goreng atau basah, disajikan dalam saus kental yang melimpah.

Alamat: Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

Lumpia Mataram

Keluarga tak hanya berada dalam keluarga, tetapi juga dalam rasa yang lezat. Lumpia Mataram, sebagai saudara Lumpia Gang Lombok, menjaga citarasa legendarisnya dengan cermat. Rasa enaknya tak pernah pudar, berkat resep warisan turun-temurun yang memilih bahan berkualitas.

Lumpia basah dan goreng tetap menjadi pilihan utama, berisi rebung, udang, dan telur dengan saus cokelat, acar, serta daun bawang. Bukan hanya soal rasa, tetapi juga keberagaman pilihan yang menjadikan Lumpia Mataram pilihan favorit, terbukti dengan sertifikasi Halal dari MUI.

Alamat: Jl. MT. Haryono No. 541, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

Lumpia Mbak Lie

Berpindah ke sudut lain, tepatnya di Jalan Pemuda Gang Grajen, Pandansari, kamu akan menemukan Lumpia Mbak Lien. Kedai ini juga berasal dari keluarga yang sama dengan Lumpia Gang Lombok, namun mengikuti aliran perkembangan selera pasar modern.

Di sini, lumpia tak hanya mempertahankan cita rasa orisinalnya, tapi juga mengalami transformasi dengan sentuhan kekinian. Beberapa variasi termasuk isian mozzarella, smoked beef, dan jamur. Tak hanya itu, lumpia isi telur, udang, atau ayam juga menjadi favorit, meski kesederhanaan rebung tak pernah luntur dalam cita rasa.

Alamat: Gang Grajen, Jl. Pemuda No. 1, Pandansari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

Lumpia Cik Me Me

Melompat pada pilihan selanjutnya, Lumpia Cik Me Me menawarkan variasi yang berbeda. Pendiri, Meliani Sugiarto, merupakan generasi kelima dari keluarga yang telah menciptakan warisan lumpia legendaris di Semarang.

Tahun 2014, namanya pun diperkenalkan dengan isian unik seperti daging kambing dan seafood.

Isian lain termasuk lumpia crab, ikan kakap, jamur, hingga keripik. Di sini, lumpia bukan hanya soal rasa, tapi juga menjadi bagian dari sejarah keluarga yang menjadikan tiap gigitan memiliki makna yang mendalam.

Alamat: Jl. Gajahmada No. 107, Miroto, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

Lumpia Lanny

Keberlanjutan rasa legendaris juga dapat ditemukan di Lumpia Lanny, yang telah berdiri sejak tahun 1988. Jl. Kp. Plampitan, Kembangsari menjadi rumah bagi kuliner lezat yang memanjakan lidahmu dengan isian berlimpah, kualitas bahan yang terjaga, dan cita rasa yang nikmat.

Lumpia berukuran besar dan padat, menciptakan sensasi yang tak terlupakan dalam setiap suapan. Bahkan dalam era pesanan online, pengalaman langsung dengan toko di Jalan Kp. Plampitan menjadi momen yang sangat berharga.

Kulit luar yang renyah dan isian yang terdiri dari rebung yang gurih, udang lezat, dan telur yang melengkapi citarasa, menghadirkan pengalaman makan yang memuaskan.

Alamat: Jl. Kp. Plampitan No. 81, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

Lumpia Pak Sastro

Tak perlu khawatir jika kamu tak tahu dimana mencari lumpia terenak lainnya, karena Lunpia Pak Sastro telah menjawab kebutuhanmu. Berlokasi di Jl. Pamularsih Raya, Bongsari, ini adalah tempat yang mudah dijumpai dan cocok sebagai oleh-oleh. Dalam pengalaman makanmu, engkau akan menemukan begitu banyak rasa dalam setiap gigitan.

Pilihan lumpia goreng atau basah tersedia, berisikan rebung, telur, daging ayam, atau udang yang menggugah selera. Tambahkan bumbu kental dengan sentuhan manis yang memenuhi lidah, dan kamu akan mendapatkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Alamat: Jl. Pamularsih Raya, Bongsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang.

Lumpia Semarang Sari Rasa

Perjalanan kuliner di sekitar Kota Tua Semarang tak akan lengkap tanpa melibatkan Lunpia Semarang Sari Rasa. Lokasinya di Jalan Anjasmoro Raya, Karangayu, Semarang Barat, menjadikannya pilihan favorit. Makanan ini merupakan perpaduan antara citarasa Tionghoa dan Jawa, menghasilkan kelezatan yang sulit diabaikan.

Lumpia yang dihadirkan mencerminkan harmoni budaya, dengan isian rebung, telur, dan udang yang memenuhi setiap bungkusnya. Sentuhan kebersamaan dalam cita rasa, membuatnya cocok untuk setiap lidah dan budaya.

Alamat: Jl. Anjasmoro Raya No. 58, Karangayu, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang.

Lumpia Express

Pilihan lumpia terbaik tak terhenti sampai di situ. Lunpia Express adalah bukti bahwa kualitas tak hanya terjaga, tapi juga terus berkembang. Berlokasi di Jalan Gajah Mada, Semarang Tengah, tempatnya yang modern, bersih, dan nyaman, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk keluarga atau bertemu teman.

Kulit lumpia yang lembut dan isian rebung, udang, dan telur memberikan sensasi makan yang memuaskan. Keberagaman rasa dan sentuhan modern membuatnya selaras dengan masa kini.

Alamat: AA, Jl. Gajahmada No. 142, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

Lumpia Semarang Djoe

Pusat Oleh-Oleh Djoe, meski bukan spesialis lumpia, namun menghadirkan pengalaman lumpia yang tak kalah menarik. Di tengah kebesaran tempat di Jl. Pandanaran No. 51, Randusari, kualitas lumpia tidak pernah terlupakan. Rasa yang mencerminkan perpaduan Tionghoa dan Jawa, membuat lumpia di sini menjadi salah satu favorit.

Isian beragam termasuk rebung, telur ayam, udang, atau daging ayam. Dalam pengalaman kuliner ini, tidak hanya lumpia yang ditawarkan, tapi juga rangkaian oleh-oleh yang tak kalah memikat.

Alamat: Jl. Pandanaran No. 51, Randusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang.

Lumpia Mini Adya Surya

Mengakhiri perjalanan kulinermu dengan cita rasa yang tak terlupakan, Lumpia Mini Adya Surya adalah pilihan tepat. Terletak di Jl. K.H. Wahid Hasyim, Kauman, harganya yang terjangkau, cuma Rp 1.000, menjadikannya pilihan istimewa. Isiannya yang melibatkan rebung dan telur dapat kamu nikmati dalam versi goreng atau mentah untuk dimasak di rumah.

Alamat: Jl. K.H. Wahid Hasyim, Kauman, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

Dengan menggabungkan citarasa Tionghoa-Jawa dalam setiap gigitan, lumpia Semarang adalah penutup yang sempurna untuk perjalanan kulinermu di Kota Tua Semarang. Dari kesepuluh pilihan lumpia yang menggoda di atas, adakah yang pernah kamu cicipi?

Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *