Kuliner Terkenal Tulungagung

Kuliner Terkenal di Tulungagung

Posted on

Kuliner Terkenal di Tulungangung (FUNTOURA.COM) – Bagi yang sedang berkunjung ke Jawa Timur khususnya Tulungagung tidak perlu bingung mencari tempat makan yang enak. Selain rasanya yang enak, sajiannya juga memiliki ciri khas yang akan membuat orang yang merasakannya selalu teringat.

Kabupaten Tulungagung terkenal dengan sajiannya yang kaya akan citarasa dari rempah. Tidak lupa juga tambahan rasa pedas yang sangat nikmat bagi para penggemarnya. Berikut rekomendasi dari Funtoura untuk wisata kuliner di Tulungagung.

Kuliner Terkenal di Tulungagung

Sate & Gulai Kambing Pak Nyoto

Langsung ngiler lihat sate Pak Nyoto. Foto : Dewi / Gmaps
Langsung ngiler lihat sate Pak Nyoto. Foto : Dewi / Gmaps

Untuk penggemar sate atau gulai, cocok sekali mampir ke tempat yang satu ini. Sajian menu olahan daging kambing akan membuat pelanggan puas karena tidak berbau khas kambing atau dalam bahasa setempat istilahnya bau prengus.

Pastinya sudah paham bahwa sate itu dibakar dengan bumbu. Nah, bumbu spesial dari Pak Nyoto ini menggunakan kecap lokal yang legendaris. Selain sate yang terkenal nikmat, tempat ini juga menyediakan menu gulai yang tentunya tak kalah nikmat.

Silakan datang ke Sate & Gule Kambing Pak Nyoto Tulungagung di Jl. W.R. Supratman, Kutoanyar, Tulungangung. Warung makan ini buka setiap hari jam 09.00 – 15.00, lalu buka kembali jam 16.00 – 22.00 WIB.

Sate Kambing Pak Kuwat Tulungangung

Sate Kambing Pak Kuwat. Foto : Semoetireng / Gmaps
Sate Kambing Pak Kuwat. Foto : Semoetireng / Gmaps

Masih membahas menu sate, kali ini kita akan beralih ke warung sate Pak Kuwat. Menu utamanya adalah sate kambing. Ada banyak cabang warung sate Pak Kuwat, tetapi pusatnya adalah yang lokasinya dekat Stasiun Tulungagung.

Berbagai menu yang nikmat disantap siap membuatmu puas makan di sini. Jangan lupa untuk berkunjung jika kamu ke Tulungagung.

Lokasinya ada di Jl. M Husni Thamrin No 4, Kenayan, Tulungagung. Warung sate ini buka setiap hari jam 08.00 – 22.00. Kecuali Jumat jam 14.00 – 22.00 WIB.

Ayam Lodho Pak Yusuf Tulungagung

Ayam Lodho Pak Yusuf. Foto : Aditya / Gmaps
Ayam Lodho Pak Yusuf. Foto : Aditya / Gmaps

Kita beralih sejenak ke menu ayam-ayaman. Warung makan Ayam Lodho Pak Yusuf juga masuk dalam daftar kuliner terkenal di Tulungagung. Menu olahan ayam tentunya sudah sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia. Namun, yang akan membedakan adalah racikan bumbunya.

Bagi warga Tulungagung warung makan atau restoran yang satu ini pasti sudah tidak asing. Kalau kita bertanya ke warga setempat di mana warung makan yang terkenal, tempat ini akan masuk rekomendasi. Selain ayamnya sebagai lauk utama, di warung ini juga menyediakan menu nasih gurih yang sering diserbu pengunjung.

Alamat Ayam Lodho Pak Yusuf : Jl. KH. Abdul Fatah No. 88, Tulungagung. Buka setiap hari jam 08.30 – 21.00 WIB.

Botok Iwak Kali Mas Ardi

Makan banyak harga murah Botok Iwak Kali Mas Ardi. Foto Linda / Gmaps
Makan banyak harga murah Botok Iwak Kali Mas Ardi. Foto Linda / Gmaps

Sapi sudah, ayam sudah, selanjutnya kami rekomendasikan buat kamu penyuka menu ikan. Botok yang dibahas di sini adalah masakan dengan bumbu rempah seperti kencur, kunyit, dan yang lainnya ya, bukan botox perawatan tubuh.

Warung makan ini menyediakan menu botok ikan sungai (iwak kali dalam bahasa Jawa) yang tentunya mempunyai rasa yang meninggalkan rasa kangen kalau sudah lama tidak mencobanya. Makan nikmat sambil menikmati pemandangan pematang sawah bikin kamu makin betah.

Langsung aja ya mampir ke Botok Iwak Kali Mas Ardi di Jl. Ki Mangun Sarkoro No. 23 A. Tulungagung. Buka setiap hari kecuali Jumat jam 09:00 – 16.00 WIB.

Soto Ayam Pak Kasidi

Soto Ayam Pak Kasidi. Foto Nurhadi / Gmaps
Soto Ayam Pak Kasidi. Foto Nurhadi / Gmaps

Siapa sih yang tidak tahu soto? Kamu juga pasti tahu ada banyak macam-macam soto dari setiap daerah. Kalau kamu sedang ke Tulungagung boleh juga mampir ke Soto Ayam Pak Kasidi yang rasanya bikin nagih.

Sajian soto dengan kuah bening dan bumbu rempah dan porsi yang pas cocok sekali buat kamu yang ingin mencoba variasi menu soto selain yang biasa kamu nikmati. Ciri khas warung soto ini adalah menggunakan mangkok yang kecil. Mungkin sebagian orang merasa porsinya sedikit tetapi kalau sudah selesai makan rata-rata merasa cukup atau bahkan kenyang.

Untuk warga Tulungagung pastinya warung soto yang berada Jl. KH Hasyim Asyari no 16 ini sudah tidak asing. Kalau kamu mau mampir ke tempat ini silakan datang di antara pukul 08.00 – 21.00 WIB. Walaupun begitu menurut ulasan Google terkadang tempat warung soto ini sudah tutup jam 1 atau 2 siang.

Nasi Pecel Bu Kitun Tulungagung

Nasi Pecel Bu Kitun. Foto Luegmaoen / Gmaps
Nasi Pecel Bu Kitun. Foto Luegmaoen / Gmaps

Belum puas rasanya kalau berwisata atau berkunjung ke wilayah Jawa Timur kalau belum mencoba makanan khasnya yaitu nasi pecel atau warga setempat menyebutnya sego pecel. Nasi pecel adalah hidangan nasi dengan bumbu pecel.

Ada satu warung makan yang terkenal yaitu Nasi Pecel Bu Kitun. Nasi pecel dengan rasa yang cenderung manis khas masakan Tulungagung bisa kamu nikmati dengan rempeyek yang renyah. Kamu juga bisa menambah menu sate usus, sate tahu, dan telur puyuh atau yang lainnya dengan harga yang sangat terjangkau.

Sekedar saran buat kamu yang belum pernah ke tempat ini, sebaiknya tidak terlalu mengikuti panduan dari Google Maps. Jika sudah mulai mendekati titik, coba tanya-tanya ke penduduk sekitar supaya tidak salah jalan. Selain itu coba bertanya di mana lokasi parkir yang pas kalau kamu membawa kendaraan roda empat.

Lokasinya di desa Jepun, tidak ada detail info tentang nama jalan dan RT RWnya, jadi memang paling efektif untuk bertanya ke warga sekitar.

Warung Pecel Pojok Tulungagung

Ada juga warung pecel lain yang bisa kamu hampiri kalau sedang di Tulungagung. Warung Pecel Pojok atau Warung Pecel Klenteng ini lokasinya ada di sebelah klenteng yang terkenal di Tulungagung. Warung ini terkenal karena termasuk salah satu tempat makan yang legendaris.

Harganya terhitung murah, untuk satu porsinya hanya seharga Rp. 5000. Kamu juga bisa menambah lodeh untuk menu lainnya.

Harga Nasi Pecel Pojok. Foto : Local Guide Reviewer / Gmaps
Harga Nasi Pecel Pojok. Foto : Local Guide Reviewer / Gmaps

Sompil Mbay Yem

Sepertinya untuk sebagian orang masih kurang familiar menu makanan yang bernama sompil ini. Wajar saja, karena memang makanan ini adalah makanan khas Tulungagung. Sompil pada awalnya adalah makanan bekal para petani.

Sompil adalah makanan berupa potongan lontong ditambah toping sayur nangka, bisa juga dengan urap. Tetapi yang paling penting adalah bubuk kedelainya. Tidak lengkap kalau sompil tidak pakai bubuk kedelai.

Buat kamu yang penasaran bagaimana nikmatnya sompil, datang saja ke warungnya Sompil Mbah Yem. Memang sajiannya sederhana, tidak seperti restoran, tetapi kamu juga jadi bisa merasakan suasana real seperti para petani yang sedang beristirahat menikmati bekal.

Lokasinya ada di Kalirejo Nol, Ngunggahan, Kecamatan Bandung, Tulungagung,

Sompil Mbah Yem. Foto : Miftakhul / Gmaps
Sompil Mbah Yem. Foto : Miftakhul / Gmaps

Itu dia daftar kuliner terkenal di Tulungagung. Jangan lupa mampir ya kalau sedang ke Tulungagung. Nikmati sajian kuliner khas yang akan selalu berkesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *